VPN ( Virtual private network )

Quote Posted on Updated on

cara-kerja-VPN

Pengertian vpn
VPN adalah singkatan Virtual Private Network. Disebut dengan Virtual Network karena VPN menggunakan jaringan Internet sebagai media perantaranya alias koneksinya bukan secara langsung. virtual network berarti jaringan yang terjadi hanya bersifat virtual, Private yaitu jaringan yang terbentuk bersifat private dimana tidak semua orang bisa mengaksesnya. Data yang dikirimkan terenkripsi sehingga tetap rahasia meskipun melalui jaringan publik.

prinsip kerja VPN sangat sederhana yaitu memforward semua lalu lintas data dalam jaringan anda. jadi dengan menggunakan VPN anda seperti menggunakan jaringan lokal milik sendiri. dengan demikian anda bisa membypass website-website yang di blokir oleh negara atau kantor anda.

Dengan VPN ini kita seolah-olah membuat jaringan didalam jaringan atau biasa disebut tunnel (terowongan). Tunneling adalah suatu cara membuat jalur privat dengan menggunakan infrastruktur pihak ketiga. VPN menggunakan salah satu dari tiga teknologi tunneling yang ada yaitu: PPTP, L2TP dan standar terbaru, Internet Protocol Security (biasa disingkat menjadi IPSec). VPN merupakan perpaduan antara teknologi tunneling dan enkripsi.

fungsi vpn
Teknologi VPN menyediakan tiga fungsi utama untuk penggunanya :

1. Confidentiality (Kerahasiaan)
Teknologi VPN memiliki sistem kerja mengenkripsi semua data yang lewat melaluinya. Dengan adanya teknologi enkripsi ini, maka kerahasiaan Anda menjadi lebih terjaga. Biarpun ada pihak yang dapat menyadap data Anda yang lalu-lalang, namun belum tentu mereka bisa membacanya dengan mudah karena memang sudah diacak. Dengan menerapkan sistem enkripsi ini, tidak ada satupun orang yang dapat mengakses dan membaca isi jaringan data Anda dengan mudah.

2. Data Integrity (Keutuhan Data)
Ketika melewati jaringan Internet, data Anda sebenarnya sudah berjalan sangat jauh melintasi berbagai negara. Di tengah perjalanannya, apapun bisa terjadi terhadap isinya. Baik itu hilang, rusak, bahkan dimanipulasi isinya oleh orang-orang iseng. VPN memiliki teknologi yang dapat menjaga keutuhan data yang Anda kirim agar sampai ke tujuannya tanpa cacat, hilang, rusak, ataupun dimanipulasi oleh orang lain.

3. Origin Authentication (Autentikasi Sumber)
Teknologi VPN memiliki kemampuan untuk melakukan autentikasi terhadap sumber-sumber pengirim data yang akan diterimanya. VPN akan melakukan pemeriksaan terhadap semua data yang masuk dan mengambil informasi source datanya. Kemudian alamat source data ini akan disetujui jika proses autentikasinya berhasil. Dengan demikian, VPN menjamin semua data yang dikirim dan diterima oleh Anda berasal dari sumber yang semestinya. Tidak ada data yang dipalsukan atau dikirimkan oleh pihak-pihak lain.

Manfaat VPN

  1. Remote Access – Maksudnya dengan menggunakan VPN kita bisa mengakses komputer ataupun jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke jaringan internet atau publik.
  2. Keamanan – dengan menggunakan koneksi VPN kita bisa browsing, searching dengan aman saat mengakses dunia maya atau jaringan internet publik misalnya seperti hotspot atau internet yang ada di cafe-cafe.
  3. Dapat menghemat biaya setup jaringan – VPN juga dapat dipakai sebagai cara alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang cukup luas dengan biaya yang lebih rendah. Karena transmisi data yang digunakan pada VPN memakai media jaringan internet atau jaringan publik yang sebelumnya telah ada tanpa perlu membangun jaringan sendiri.

kelebihan dan kekurangan VPN

Kelebihannya

  • Dapat dijadikan sebagai solusi biaya yang lebih efektif untuk suatu organisasi atau bisnis yang cukup besar dengan fasilitas jaringan komputer khusus.
  • Dapat meningkatkan mobilitas dari suatu organisasi atau bsnis yaitu dengan langsung menghubungkan ke jaringan rumah atau para pegawai yang mobile pada organisasi tersebut.
  • Dan dapat menyesuaikan fitur keamanan.

kekurangannya

  • Koneksi internet (jaringan publik) yang tidak bisa kita prediksi. Hal ini dapat kita maklumi karena pada dasarnya kita hanya “nebeng” koneksi pada jaringan pihak lain sehingga otomatis kita tidak mempunyai kontrol terhadap jaringan tersebut.
  • Perhatian lebih terhadap keamanan. Lagi-lagi karena faktor penggunaan jaringan publik, maka kita perlu memberikan perhatian yang lebih untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyadapan, hacking dan tindakan cyber crime pada jaringan VPN.

Cara Menggunakan VPN

setelah mengetahui apa itu vpn, fungsi vpn lalu bagaimana cara menggunakan atau memanfaatkan VPN? cara menggunakan VPN sangat gampang. anda tidak membutuhkan software tambahan, karena di windows sendiri sudah menyediakan tools untuk mengakses VPN anda.

caranya :

tekan tombol Windows anda, lalu ketikan VPN pada menu search kemudian klik pilihan “Set up a virtual private network (VPN) connection” lalu tekan ENTER.

selanjuntya anda tinggal mengikuti wizzard yang ada pada kotak dialog setting VPN tersebut. selanjutnya anda bisa melakukan connect dan disconnect VPN dari sistem tray.

untuk mengisi wizzardnya anda bisa mencari settingan untuk vpn di google :))

Apakah bisa internet gratis menggunakan VPN?
Jawabanya bisa selama celah yang digunakan belum diketahui operator. caranya adalah dengan memanfaatkan celah di akses port tertentu ke VPN server. Operator biasanya menggunakan port tertentu untuk perhitungan billing dan total data yang terpakai celah inilah yang dapat dimanfaatkan.
tapi karena saya tidak bisa  melakukannya jadi tidak ada cara mendapatkan internet gratis dengan vpn.

sumber :

softkompi.blog

domarku.blog

facebook notes

pengertianku.net

mediamasha.com

Leave a comment